SUKA DUKA BELAJAR ONLINE DI SMP LABSCHOOL JAKARTA

 

SUKA DUKA BELAJAR ONLINE DI SMP LABSCHOOL JAKARTA

8F_15_Keysha Almira Akbar

 

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Perkenalkan nama saya Keysha Almira Akbar biasa dan bisa dipanggil Keysha. Jika sekarang bersekolah dengan cara offline atau ke sekolah secara langsung, maka saya duduk di bangku kelas 8 , yaitu 8F di SMP Labschool Jakarta. Tetapi, karena situasi sekarang sedang ada pandemi Covid 19, maka bersekolah secara online. Oleh karena itu, sekarang saya duduk di bangku kamar sendiri dan menggunakan laptop untuk masuk ke link zoom yaitu kelas 8F. Tetapi, saat belajar online, ada suka dan duka yang dirasakan selama belajar online di SMP Labschool Jakarta.

Suka

Ada beberapa yang saya suka dari belajar online di SMP Labschool Jakarta. Antara lain:

1.      Waktu yang Diperlukan Ketika Berangkat ke Sekolah yang Diganti Karena Online Menjadi Masuk ke Zoom Kelas 

Pertama, jika dalam offline, saya berangkat dari rumah biasa menggunakan mobil, dan memerlukan waktu kira-kira 20 atau 30 menit untuk sampai ke sekolah, jika perjalanannya lancar. Jika tidak, maka bisa terlambat sampai di sekolah. Namun, saat pembelajaran online saya bisa masuk melalui link zoom yang diberikan atau bisa memasukkan meeting ID dan password ke zoom untuk belajar.

2.     Mempelajari Hal Baru dalam Tekhnologi Digital.

Di awal pembelajaran online, saya kurang mengerti cara memakai laptop. Saya belum mengerti cara menggunakan virtual background di zoom, dan lainnya. Tapi, karena sudah sering diulang-ulang, saya jadi mulai mengerti cara-cara dan hal yang baru mengenai tekhnologi.

 

3.     Waktu Untuk Mengerjakan Tugas.

Jika sekolah offline, saat pulang sekolah di sore hari ataupun siang hari. Biasanya ada les setelah pulang sekolah. Pelajaran di les mungkin berbeda dengan tugas sekolah yang diberikan. Contohnya seperti mendapatkan tugas matematika tetapi les tambahan mempelajari Bahasa Inggris. Dan mungkin dari kegiatan dalam satu hari tersebut, tugas yang diberikan baru dikerjakan di malam hari. Tetapi karena situasi sekarang sedang ada pandemi Covid 19, maka waktu untuk mengerjakan tugas bisa setelah leave dari zoom pada jam 12.00 atau lebih dari jam 12.00. Dapat diselesaikan tugasnya sebelum ada les tambahan.

 

Duka

Di balik suka saya terhadap belajar online di SMP Labschool Jakarta, ada duka yang dirasakan. Seperti hal yang membuat tidak suka atau tidak nyaman saat pembelajaran online. Antara lain:

 1.       Akibat Melihat Layar Laptop/Computer Berjam-jam.
Di saat pembelajaran online, saya menggunakan laptop untuk proses pembelajaran. Saya melihat dan berusaha untuk fokus pada materi yang disampaikan melewati layar laptop  berjam-jam membuat pusing dan karena pusing jadi ingin berbaring di tempat tidur atau tempat lainnya. Terkadang membuat mata menjadi panas.
 
2.       Tidak Merasakan Pembelajaran di Sekolah Secara Langsung dan Saat Online, Materi Pelajarannya Sulit Dimengerti.
Dari awal kelas 7 sudah pembelajaran secara online. Belum merasakan rasanya duduk di bangku kelas lalu melihat guru sedang mengajari murid di SMP Labschool Jakarta. Saat online, terkadang sulit dimengerti materi yang disampaikan oleh guru. Terkadang disebabkan karena kurang fokus, atau internet yang tidak stabil, dan lain-lain.
 
3.        Tidak Bertemu Teman dan Guru di SMP Labschool Jakarta Secara Langsung.
Tidak bertemu teman dan guru secara langsung merupakan salah satu dari ketidak suka nya saya saat pembelajaran online. Saat ada kerja kelompok, jika tidak terlalu saling mengenal satu sama lain akan menyebabkan ketidak maksimalnya hasil kerja kelompok. Saat ingin meeting, terkadang ada yang membuat sulit saling berkomunikasi. Terkadang karena internet, atau kegiatan lainnya.
 
4.     Tugas yang ditunda.
Karena pembelajaran online, jam pelajaran sekolah dikurangkan. Jadi terkadang diberikan banyak tugas. Dari saya sendiri, ketika saya melihat banyak tugas rasanya saya ingin mengerjakannya tetapi rasa malas melihat daftar tugas terkadang lebih besar. Jadinya ditunda dan ditunda.
 
5.       Tidak Merasakan Kegiatan di SMP Labschool Jakarta Secara langsung.
Di SMP Labschool Jakarta ada beberapa kegiatan yang mungkin tidak bisa dilakukan secara online. Tapi, ada banyak juga kegiatan yang bisa dilakukan secara online. Seperti Salam, Pra SAKSI, LDKS, Pramuka, dan lainnya. Tetapi jika dilakukan secara online, kurang seru kegiatannya. 

Sekian dari saya, terima kasih telah membaca!

Billahit Taufiq Wal Hidayah

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh




Silahkan lihat profil dari SMP Labschool Jakarta di link yang terdapat di atas!

 

 

 

 

Komentar

  1. tulisan refleksi diri yang bagus, semoga banyak dibaca orang lain, jangan lupa masukkan link yutubenya dengan cara insert video lalu klik link youtubenya di sana, kalau pusing lihat tutorialnya di youtube.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIGITAL LABS

LATIHAN 50 SOAL INFTK

PENGALAMAN PTM DI SMP LABSCHOOL JAKARTA